Abstract:
Matematika merupakan salah satu ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan. Namun, ada peserta didik yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dikarenakan peserta didik kurang memahami masalah yang diberikan serta pemecahannya. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah menyediakan bahan ajar matematika berupa e-modul berbasis masalah yang memuat konteks sasirangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis masalah dengan konteks sasirangan pada materi pola bilangan untuk kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase perancangan, fase konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada fase keempat dilakukan uji validitas oleh tiga validator dan uji coba terbatas dengan subjek penelitian sebanyak 127 peserta didik kelas VIII MTsN 4 Banjarmasin yang dilakukan untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan e-modul. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 3,56 dengan kategori valid. Berdasarkan angket kepraktisan e-modul yang diisi oleh peserta didik, diperoleh skor 84,08?ngan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil belajar peserta didik pada uji coba diperoleh bahwa lebih dari 80% peserta didik mencapai nilai minimal 75 pada setiap tes formatif. Dengan demikian, dihasilkan e-modul berbasis masalah dengan konteks sasirangan pada materi pola bilangan untuk kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci: E-modul, Sasirangan, Pola Bilangan.