Abstract:
Self acceptance atau penerimaan diri yang baik pada remaja awal dapat membantu remaja untuk mengembangkan rasa percaya diri, mengatasi tekanan sosial dan meningkatkan kesejahteraan mental. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran self acceptance remaja awal pada siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Subyek penelitian ini adalah siswa SMPN 30 Banjarmasin berjumlah 140 siswa yang sudah ditentukan dengan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket self acceptance dengan skala Likert yang berjumlah 41 item valid. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dengan statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa self acceptance remaja awal pada siswa kelas VII SMPN 30 Banjarmasin tergolong pada kategori tinggi. Untuk siswa
dapat berupaya meningkatkan self acceptance dengan cara mencoba lebih percaya diri, mengenali dirinya sendiri dengan mencoba berbagai kegiatan sosial baik itu di sekolah maupun lingkungan sekitar, dan berusaha menerima dirinya baik itu kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki.