Abstract:
ABSTRAK
Farrah Aulia Rahman, 1910414320001, Komunikasi Pemasaran PT. Tropis Service Dalam Menarik Minat Konsumen. Di bawah bimbingan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tipe penlitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah komunikasi pemasaran PT. Tropis Service dalam menarik minat konsumen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Tropis Service dalam upaya menarik minat konsumen aktif memanfaatkan bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan (advertising) dengan membagikan brosur, promosi penjualan (sales promotion) di mana PT. Tropis Service memberikan penawaran-penawaran menarik seperti, promo pesan jasa kebersihan pada waktu yang telah ditentukan akan mendapatkan gratis 1 jam jasa kebersihan, memberikan gratis 1 jam jasa kebersihan untuk konsumen baru, dan juga memberikan discount atau potongan harga 5% sampai dengan 10%, penjualan personal (personal selling) melakukan penawaran proposal kepada kantor-kantor atau perusahaan, dan PT. Tropis Service menggunakan media sosial instagram dan facebook dalam melakukan kegiatan pemasaran langsung (direct marketing).
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Minat konsumen, Bauran komunikasi