Abstract:
Dita Nursyifa. 1910413120009. 2023. Inovasi Mal Pelayanan Publik Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sektor Publik di Kota Banjarbaru. Dibimbing oleh Farah Qubayla.
Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep inovasi Mal Pelayanan Publik di Kota Banjarbaru dan dampaknya terhadap peningkatkan kualitas sektor publik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menurut Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mal Pelayanan Publik merupakan sebuah konsep inovasi yang bertujuan untuk menyediakan satu tempat terpadu bagi pemerintah dan instansi publik lainnya dalam memberikan pelayanan yang efesien dan berkualitas kepada masyarakat sehingga kualitas pelayanan sektor publik di Kota Banjarbaru dikatakan meningkat. Hal ini dilihat dari teori dan faktor dalam kualitas pelayanan menurut Parasuraman. Hadirnya Mal Pelayanan Publik di Kota Banjarbaru ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat karena proses pelayanan menjadi lebih cepat dan efektif karena berbagai instansi publik berada di satu tempat yang sama serta meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Dalam penelitian ini, terdapat keterkaitan antara teori yang digunakan dengan hasil penelitian. Adapun saran pada penelitian ini perlu adanya komitmen yang kuat dari pemerintah dan kerjasama antara berbagai instansi publik untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan dari inovasi Mal Pelayanan Publik ini.
Kata Kunci: Inovasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik