Abstract:
Pada proses kegiatan pembelajaran, siswa kesulitan untuk memahami serta menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada buku paket kurikulum merdeka yang digunakan disekolah khususnya pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear. Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar pada sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dengan konteks lahan basah berbantuan geogebra untuk melatih berpikir kreatif siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas X-H SMA Negeri 5 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan instrument validasi, angket respon guru dan siswa, dan tes evaluasi akhir pembelajaran. Validasi dilakukan oleh 3 validator. Uji coba dilakukan kepada 36 siswa. Berdasarkan hasil penilaian dari validator yang telah dianalisis diperoleh nilai 3,33 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil angket respon guru yang telah dianalisis diperoleh nilai 95,59?ngan kategori praktis dan hasil angket respon siswa yang telah dianalisis diperoleh nilai 80,1?ngan kategori praktis. Berdasarkan hasil tes akhir pembelajaran yang telah dianalisis diperoleh nilai 72,22?ngan kategori efektif. Dengan demikian, modul ajar dengan materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dengan konteks lahan basah berbantuan geogebra untuk melatih berpikir kreatif siswa kelas X SMA dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.