Abstract:
ABSTRAK
Kata kunci:
Sekolah, Pemenuhan, Hak Pendidikan, Anak Disabilitas
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan sekolah umum dan khusus dalam memenuhi hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di kabupaten Barito Kuala . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kesiapan pemerintah daerah Barito Kuala melalui dinas pendidikan dalam pemenuhan hak pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang meliputi kesiapan sekolah, kurikulum, tenaga pendidik, sarana – prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah daerah Barito Kuala melalui dinas pendidikan dalam pemenuhan hak pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus: (1) Aspek kurikulum, dinas pendidikan Barito Kuala membebaskan sekolah untung mengembangkan atau menyesuaikan kurikulum sesuai dengan jenis disabilitas anak yang ada di sekolahnya (2) Aspek kesiapan menerima peserta didik, sekolah yang berada dalam ruang lingkup daerah Barito Kuala sudah bersedia menerima siswa dengan berkebutuhan khusus, karena sudah adanya intruksi himbauan untuk semua sekolah yang berada dalam ruang lingkupnya untuk wajib menerima anak berkebutuhan khusus tanpa terkecuali dan melakukan penerapan pendidikan inklusi. (3) kesiapan aspek tenaga pendidik, dalam kesiapan guru dinas pendidikan sudah melaksanakan program bimtek dan pelatihan secara berkala untuk memberi pemahaman penanganan siswa ABK (4) Sarana dan Prasarana, Dinas pendidikan dalam penyediaan sarana dan prasarana masih dirasa kurang.