Abstract:
Beberapa tahun kebelakang, eksistensi layanan SVOD (Subscription Video on Demand) semakin populer dikalangan masyarakat, khususnya Generasi Z. Hal tersebut melahirkan fenomena baru dalam mengonsumsi media, yaitu aktivitas binge watching/menonton maraton. Penelitian ini bertujuan menjelaskan berbagai motivasi yang melatarbelakangi Generasi Z dalam melakukan aktivitas binge watching pada layanan SVOD. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif telah digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan delapan motivasi Generasi Z dalam melakukan aktivitas binge watching yang dipaparkan melalui deskripsi mendalam, yaitu: mengisi waktu, informasi, kesenangan/hiburan, relaksasi, ketertarikan, kebersamaan, interaksi sosial dan pengalihan. Selain itu, penelitian ini memiliki nilai kebaruan yakni mendukung industri perfilman sebagai salah satu motivasi yang melatarbelakangi aktivitas tersebut. Pada akhirnya peneliti merekomendasikan penelitian selanjutnya mengkaji temuan ini dengan metode kuantitatif.