Abstract:
Rendahnya motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang menjadi faktor penentu kualitas pendidikan. Namun kenyataannya karena pembelajaran yang satu arah, hasil belajar siswa seringkali rendah sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat untuk mendalami materi lebih jauh, takut mengemukakan pendapat, dan merasa bosan karena kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, siswa duduk mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu melalui model PANDAI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 1, tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai kriteria "Cukup Tinggi" pada pertemuan pertama dan meningkat menjadi kriteria "Sangat Tinggi" pada pertemuan keempat. Kemudian untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 58?n pada pertemuan IV memperoleh 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PANDAI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.