Abstract:
Latifah, Nur. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan PKn Menggunakan Model LEBAH di Kelas IV SDN Manarap Lama 1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Wahdah Refia Rafianti, S.Sn., M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, LEBAH
Permasalahan penelitian rendahnya hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Penyebabnya siswa sulit memahami konsep, pembelajaran monoton, kurang terlibat, lambat berpikir dan guru belum menggunakan model bervariatif. Upaya mengatasinya dengan model “LEBAH” (Problem Based Learning, Example Non Example & Make A Match). Tujuan penelitian mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis.
Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. PTK dilaksanakan 4 pertemuan, kelas IVB SDN Manarap Lama 1, 23 siswa tahun 2022/2023. Teknik analisis data kualitatif lembar observasi aktivitas guru, siswa dan keterampilan berpikir kritis, sedangkan data kuantitatif pengukuran hasil belajar.
Hasil menunjukkan aktivitas guru mendapatkan 100%. Aktivitas siswa mendapatkan 100%. Hasil belajar kognitif mendapatkan 96%, afektif mendapatkan 96?n psikomotorik mendapatkan 96%. Keterampilan berpikir kritis mendapatkan 96%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan model LEBAH dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Disarankan model ini dijadikan alternatif meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis.