Abstract:
Buku ensiklopedia adalah buku dengan informasi rinci yang menjelaskan definisi, menunjukkan gambar yang relevan tersusun secara sistematis dan alfabetis dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan ensiklopedia famili clusiaceae Kebun Raya Banua. Penelitian pengembangan ensiklopedia ini menggunakan metode penelitian Educational Design Research (EDR) dengan desain evaluasi formatif Tessmer. Subjek uji pakar meliputi tiga orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat, subjek uji perorangan adalah empat orang mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Phanerogamae, dan subjek uji kelompok kecil adalah empat orang mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Phanerogamae. Data diperoleh dari instrumen validitas isi, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Validitas ensiklopedia kategori valid; 2) Kepraktisan isi kategori sangat baik, dan kepraktisan harapan kategori sangat baik 3) Keefektifan harapan kategori sangat baik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Buku ensiklopedia famili clusiaceae Kebun Raya Banua dapat menjadi salah satu bahan ajar yang dapat memperbaiki proses pembelajaran pada mata kuliah Phanerogamae karena memiliki daya tarik, mudah digunakan serta efektif melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata Kunci: ensiklopedia, famili clusiaceae, keterampilan berpikir kritis, penelitian pengembangan.