Abstract:
Kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika dikarenakan tidak menyukai pelajaran tersebut. Peserta didik mengalami kesulitan adalah aritmatika sosial. Alternatif solusi tersebut dengan menyediakan alat peraga monopoli. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan alat peraga monopoli sebagai materi aritmatika sosial kelas VII SMP dan (2) menghasilkan alat peraga monopoli sebagai media pembelajaran matematika yang valid. Subjek uji coba dalam penelitian ini sebanyak tiga belas orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan model Plomp dengan metode Research and Development (R&D). Tahap preliminary investigation dilakukan analisis materi. Tahap design dilakukan penyusunan instrument, pemilihan format, dan rancangan awal alat peraga. Tahap realization dilakukan konsultasi draft I kepada dosen pembimbing. Tahap test, evaluation, and revision dilakukan validasi ahli, simulasi alat peraga kepada guru, dan uji coba kepada peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar validasi. Berdasarkan skor yang diberikan oleh tiga ahli diperoleh bahwa alat peraga monopoli yang dikembangkan valid dengan kategori cukup dengan persentase sebesar 79.89%.
Kata Kunci: Alat Peraga, Monopoli, Media Pembelajaran, Aritmatika Sosial