Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya keterbatasan media di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media kartu domino modifikasi dan untuk mengetahui validitas, keefektifan serta praktikalitas produk media kartu domino modifikasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE Sehingga menghasilkan produk akhir berupa kartu domino modifikasi untuk siswa kelas VIII SMP pada materi sistem ekskresi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Media kartu domino modifikasi divalidasi oleh 5 orang validator, 3 orang dosen Pendidikan IPA FKIP ULM dan 2 orang guru mata pelajaran IPA dengan memperoleh hasil skor rata-rata 0,185 dengan kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil pretest dan post tes peserta didik yang dihitung dengan uji N-gain diperoleh skor rata-rata 0,57 dengan kategori “Efektif”. Dan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh skor persentase 82,1?ngan kategori praktikalitas “Baik Sekali””. Hal ini menunjukkan media kartu domino modifikasi yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Media kartu domino modifikasi, IPA, media pembelajaran, sistem ekskresi.