Abstract:
ABSTRAK
Sumiati. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di MAN 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Reski P.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Quizizz, Minat Belajar.
Quizizz merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif multiplayer yang dapat diakses melalui perangkat apapun seperti komputer, smartphone, atau tablet untuk menyelesaikan kuis tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penggunaan media pembelajaran quizizz 2) Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran sosiologi dan 3) Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap minat belajar siswa kelas X dan XI IPS pada mata pelajaran sosiologi di MAN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X dan XI IPS MAN 1 Banjarmasin sebanyak 190 peserta didik, dan sampel diambil sebanyak 47 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarluaskan secara langsung kepada sampel penelitian. Analisis hasil penelitian menggunakan SPSS 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran quizizz pada mata pelajaran sosiologi siswa kelas X dan XI IPS di MAN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 berada dalam kategori sangat tinggi (46,81%) sebab pada mata pelajaran sosiologi seringkali menggunakan media pembelajaran quizizz pada saat pembelajaran. 2) Minat belajar siswa kelas X dan XI IPS pada mata pelajaran sosiologi di MAN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 berada dalam kategori sedang (46,81%) hal ini terlihat siswa masih ada yang sibuk dan asik sendiri, misalnya sering ngobrol dengan temannya. 3) Hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh ?xy = 0,516 dengan ????tabel untuk n = 47 taraf signifikansi 5% diperoleh ????tabel = 0,288. Maka ?xy > ????tabel atau 0,516 > 0,288. Hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana, diperoleh konstanta sebesar 23,080 dan nilai penggunaan media pembelajaran quizizz 0,498. Jadi persamaan regresinya adalah Y = 23,080 + 0,498X. Hasil Uji Hipotesis (Uji-t) diperoleh thitung = 4,045 dengan df: ?, (n-k) atau 0,05 (47-2) diperoleh nilai ttabel = 1,679. Karena nilai thitung > ttabel atau 4,045 > 1,679, maka Ha diterima Ho ditolak artinya dapat disimpulkan bahwa variabel X terdapat pengaruh positif terhadap variabel Y. Jika nilai Sig. lebih kecil dari ? (0,05) maka dikatakan signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: 1) Bagi sekolah hendaknya memberikan layanan akses internet seperti fasilitas WIFI kepada para siswa untuk proses pembelajaran di kelas. 2) Bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan intensitas penggunaan media pembelajaran quizizz dalam kegiatan pembelajaran di kelas.