Abstract:
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS STEM PADA MATERI SUB KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 11 BANJARMASIN (Oleh: Naufal Shadiq Husain; Pembimbing: Noorhidayati, Nurul Hidayati Utami; 2023; 60 halaman)
ABSTRAK
Salah satu wujud upaya pembelajaran dari Implementasi Kurikulum Merdeka adalah penerapan model PBL berbasis STEM yang menghadapkan peserta didik pada masalah dunia nyata. Penelitian ini (1) bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model PBL berbasis STEM pada pembelajaran sub konsep perubahan lingkungan terhadap hasil belajar kognitif (2) mendeskripsikan hasil belajar afektif dan psikomotorik peserta didik kelas X SMAN 11 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian peserta didik kelas X-F (34 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-D (34 orang) sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari nilai pretest dan posttest (kognitif produk), hasil LKPD (kognitif proses), lembar observasi (afektif dan psikomotorik). Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk pretest dan posttest. LKPD dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan model PBL berbasis STEM pada pembelajaran sub konsep perubahan lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 11 Banjarmasin. Hasil belajar kognitif proses tergolong kategori tinggi (20,2). (2) Hasil belajar afektif tergolong kategori tinggi pada elemen kolaborasi (7,36), kepedulian (7,03), dan berbagi (6,78), hasil belajar psikomotorik tergolong kategori tinggi (21,2).
Kata Kunci: Hasil belajar, PBL, STEM, perubahan lingkungan