Abstract:
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Metode Eja, Membaca
Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan I tahun 2021 berupaya untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa SD Negeri Sungai Lulut 7 Banjarmasin melalui Metode Eja. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengajaran membaca menggunakan metode eja pada siswa kelas 1 SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin, (2) Untuk mengetahui hasil penerapan metode eja dalam pengajaran membaca siswa kelas 1 SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian kualitatif dengan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Sungai Lulut 7 Banjarmasin yang berjumlah 9 orang. Sumber data ialah guru, siswa, Dosen Pembimbing lapangan, dan mahasiswa Kampus Mengajar. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengajaran menggunakan metode eja dilakukan secara berkelompok dengan dibimbing oleh mahasiswa Kampus Mengajar, dengan tujuan agar siswa bisa belajar dengan fokus dan mendapat perhatian secara intens oleh mahasiswa sebagai pengajar. (2) Dalam penerapan pengajaran menggunakan metode eja, adanya peningkatan hasil membaca siswa, diukur dari nilai latihan membaca dan menulis siswa, serta adanya suatu hambatan belajar internal dan eksternal.
Saran dalam penelitian ini diharapkan, metode Eja dapat dijadikan alternatif yang mampu memberikan kontribusi pemikiran dan informasi khususnya bagi guru. Serta metode eja diharapkan bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa.