Abstract:
Literasi numerasi merupakan suatu bentuk yang dimiliki oleh guru dalam menyampaikan dan menganalisa hitungan matematika dalam kegiatan pembelajaran melalui proses perhitungan. Studi ini difokuskan pada kajian teoritis pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi pada mata pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN Telaga Biru 9. Berdasarkan hasil temuan dilapangan pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi terdapat faktor penghambat yang dipengaruhi dari faktor guru dan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan dan dampak dari pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa karena kelas 5 di SDN Telaga Biru 9. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi di SDN Telaga Biru 9 untuk menunjang proses berpikir siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa menjadi senang, semangat dan mempunyai motivasi dalam belajar.