Abstract:
Muhammad Faa’iz Djuljalali Wal’ikram, 1910414310023, 2023, Pengaruh Terpaan Konten Instagram Food Vlogger @banjarnyaman Terhadap Faktor Minat Berwisata Kuliner (Studi pada followers akun @banjarnyaman), dibawah bimbingan Achmad Bayu Chandrabuwono.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Terpaan Konten Instagram Food Vlogger @banjarnyaman sebagai variabel (X) terhadap Faktor Minat Berwisata Kuliner sebagai variabel (Y). Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk mengukur seberapa besar pengaruh signifikan konten Instagram @banjarnyaman terhadap Faktor Minat Berwisata kuliner.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional. Sampel diambil sebanyak 347 orang menggunakan tabel Isaac dengan taraf kesalahan 5%. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan observasi, teknik penentuan skor menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0> Ftabel (4383.559 > 3,87) menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima yaitu Pengaruh terpaan konten instagram food vlogger @banjarnyaman berpengaruh secara signifikan terhadap Faktor Minat Berwisata pada followers akun @banjarnyaman sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel pengaruh terpaan konten instagram food vlogger @banjarnyaman terhadap Faktor Minat Berwisata kuliner memiliki hubungan yang sangat kuat. Hal ini terlihat pada nilai multiple-R sebesar 0,963 (96,3%).
Kata Kunci: Komunikasi, Media Informasi & Komunikasi, Instagram, Faktor Minat Berwisata Kuliner