Abstract:
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis hasil observasi aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik elalui Model PROTOMAKE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023, jumlah peserta didik sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan secara crosstable dalam bentuk tabel dan grafik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 25 hingga 32. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 58,33% hingga 91,67%. Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 66,67% hingga 91,67%. Hasil belajar aspek kognitif dari 58,33% hingga 100%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 3 terjadi peningkatan dari 66,67% hingga 100%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 75% hingga 100% secara klasikal.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model PROTOMAKE