Abstract:
Alif Hasbullah 2023. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPED CLASSROOM DALAM MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY MAHASISWA”
Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M,Pd dan Pembimbing II : Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd).
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap Self Efficacy mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengambil mata kuliah kewirausahaan semester genap tahun ajaran 2023 dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 46 mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Il mu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang mengambil mata kuliah kewirausahaan tahun ajaran 2023 semester genap, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi untuk uji validitas, uji reliablitas, dengan teknik analisis data analisa deskriptif, uji hipotesis (regresi linear sederhana, uji t), uji determinasi koefesien. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap Self Efficacy mahasiswa hasil pre-test mahasiswa dan post-test mahasiswa adalah sebesar 0,263 yang mana 0,263 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pebedaan yang signifikan antara pre-test mahasiswa dengan post-test mahasiswa dan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada sampel. Berdasarkan uji parsial didapatkan signifikansi adalah sebesar 0,524 dimana 0,524 > 0,05 sehingga pada uji parsial pada variabel Flipped Classroom (X) dan Self Efficacy (Y) dapat disimpulkan bahwa Flipped Classroom tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Self Efficacy mahasiswa.
Kata Kunci : Flipped Classroom, Kewirausahaan, Self Efficacy Mahasiswa