Abstract:
Pendidikan abad ke-21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CLDW (Culture Literacy Digital Wetland) pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap hasil belajar peserta didik, (2) mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CLDW pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain penelitian Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI MIPA 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney Test dari pretest posttest hasil belajar kognitif produk dan kemandirian serta analisis deskriptif untuk hasil belajar kognitif proses, afektif, psikomotorik, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CLDW pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap hasil belajar peserta didik (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CLDW pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap kemandirian belajar peserta didik.