Abstract:
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa pentingnya penggunaan ejaan yang benar dalam karangan akan mempengaruhi makna kata dan isi dari cerita yang disampaikan. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif, berupa pendeskripsian ketepatan dan kesalahan penggunaan ejaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah karangan peserta didik. Data penelitian ini berupa pemakaian huruf kapital, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya ketepatan dan kesalahan penggunaan ejaan yang digunakan peserta didik dalam karangan meliputi: pemakaian huruf kapital, penulisan kata dasar, penulisan kata berimbuhan, penulisan kata depan, penggunaan tanda baca titik, penggunaan tanda baca koma, dan penggunaan tanda baca petik. Penerapan aspek PUEBI yang ditemukan dalam karangan peserta didik terdiri dari pemakaian huruf kapital dengan (7) aspek dari (13) aspek huruf kapital, penulisan kata depan di,ke, dan dari, penulisan kata berimbuhan yang menggunakan imbuhan awalan, sisipan,akhiran serta awalan dan akhir, penggunaan tanda baca titik dengan (2) aspek dari (5) aspek tanda titik, penggunaan tanda baca koma dengan (8) aspek dari (13) aspek tanda koma, dan penggunaan tanda baca petik dengan (1) aspek dari (3) aspek tanda petik. Ketepatan penggunaan ejaan yang paling banyak digunakan peserta didik dalam karangannya ialah penggunaan tanda baca titik dan penulisan kata berimbuhan. Kesalahan penggunaan ejaan yang paling banyak digunakan peserta didik dalam karangannya ialah pemakaian huruf kapital.
Kata Kunci: Penggunaan Ejaan, menulis, karangan