Abstract:
Pembelajaran di Era abad 21 menuntut peserta didik Indonesia untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Peserta didik diharapkan berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Namun, berdasarkan observasi masih ditemukan adanya peserta didik yang kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung disebabkan karena peserta didik masih merasa kesulitan untuk memahami konsep materi matematika. Pengembangan LKPD berbasis masalah HOTS merupakan salah satu media untuk membuat peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan dapat melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan yakni: (i) untuk mendeskripsikan proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis masalah HOTS pada materi teorema pythagoras yang valid dan praktis; dan (ii) untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis masalah HOTS pada materi teorema pythagoras yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini untuk tahap develop (pengembangan) dilakukan uji validitas dan uji coba produk terbatas untuk menguji produk yang dikembangkan dengan uji kepraktisan. Melalui uji validitas diperoleh rata-rata penilaian dari dua validator sebesar 3,44 dengan kriteria sangat valid dan untuk uji kepraktisan diperoleh rata-rata total kepraktisan dari peserta didik sebesar 3,34 dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.