Abstract:
Siswa yang tidak disiplin belajar mengalami penurunan prestasi belajar, tidak memahami materi pembelajaran, konsentrasi belajar menurun, sehingga bisa berakibat siswa tidak naik kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pengembangan modul disiplin belajar berbasis nilai karakter wasaka pada siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin dan menganalisis keefektifan dari modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix-method dengan jenis penelitian pengembangan berdasarkan model Borg dan Gall dengan alat pengumpulan data, dan metode mengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah lima orang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin. Hasil penelitian mendapatkan modul berbasis nilai karakter wasaka untuk meningkatkan disiplin belajar, yang dikembangkan melalui 7 tahapan pengembangan 1) Potensi masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Persetujuan desain; 5) Tinjauan produk; 6) Pengujian produk; 7) Produk akhir (Hasil produk). Modul berbasis nilai karakter wasaka, efektif meningkatkan disiplin belajar.