Abstract:
Perkembangan teknologi informasi pada media sosial semakin pesat, salah satunya sebagai alat untuk promosi produk toko daring. Setiap unggahan yang memiliki takarir atau caption pada promosi suatu produk di media sosial instagram dapat mengandung implikatur. Hal ini menarik mengingat adanya
kalimat yang mengandung implikatur dapat dikaji dari sisi wujud, makna, dan fungsinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud, makna, dan fungsi implikatur pada takarir toko daring di Instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media sosial instagram. Data pada penelitian ini berupa kalimat yang terdapat pada unggahan
takarir toko daring di akun instagram @sr12herbalskincareofficial_,
@smarthafiz_banjarmasin, @azmihijabindonesia, dan @dedaunan.official.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur yang terdapat pada takarir
toko daring di instagram mengandung wujud, makna, dan fungsi di dalamnya. Wujud implikatur dalam data penelitian ini berupa wujud kalimat deklaratif, kalimat introgatif, dan kalimat imperatif. Penggunaan kalimat tanya dalam penelitian ini paling banyak ditemukan yang diasumsikan bahwa wujud
implikatur ini paling banyak digunakan dalam strategi marketing di media instagram. Terdapat pula makna implikatur yang berisi penawaran/promosi suatu produk secara halus/tersirat. Fungsi implikatur dalam penelitian ini berfungsi untuk mengajak dan menyuruh secara halus untuk membeli produk yang ditawarkan. Pada fungsi Implikatur ditemukan fungsi tindak tutur asertif, tindak tutur direktif, dan tindak tutur ekspresif. Fungsi tindak tutur asertif ditemukan paling banyak dalam data penelitian ini yang diasumsikan bahwa penulisan takarir lebih banyak difungsikan untuk menyatakan suatu kebenaran informasi untuk meyakinkan calon pembeli agar membeli produk tersebut.
Kata kunci : implikatur, takarir, toko daring, instagram