Abstract:
Masalah Pokok dalam penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi rendah akibat penggunaan Instagram secara berlebihan dan penggunaan metode pembelajaran konvensional juga berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar
siswa di SMAN 9 Banjarmasin sehingga siswa memiliki disiplin rendah dalam mengikuti pembelajaran PPKn di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran
berbantuan Instagram pada mata pelajaran PPKn dengan tiga indikator yaitu meliputi penyebab kurangnya kedisiplinan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat pada penyebab kurangnya disiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn di SMAN 9 Banjarmasin. Disarankan kepada
sekolah melakukan pendekatan kepada siswa secara personal melalui Bimbingan Konseling.