Abstract:
Rahmah, Sulistia. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Muatan IPA Tema 8 Materi Siklus Air Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), dan Make a Match di Kelas V SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Make a Match
Permasalahan yang terjadi di SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin pada kelas V adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA Tema 8 materi Siklus Air. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat satu arah, kurangnya sumber materi pembelajaran, siswa tidak termotivasi mencari tahu, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa hanya melakukan apa yang diperintahkan guru, dan cenderung menunggu pemecahan masalah dari guru. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), dan Make a Match.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian dilakukan pada muatan IPA Tema 8 materi Siklus Air. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), dan Make a Match pada pertemuan III aktivitas guru memperoleh skor 90 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 82,66 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif ketuntasan mencapai 87%, hasil belajar afektif aspek kerja sama 87%, aspek peduli 84%, dan aspek bertanggung jawab 91%, serta hasil belajar psikomotorik ketuntasan mencapai 84%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi Problem Based Learning (PBL), Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPA. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model ini dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.