Abstract:
Penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan media pendukung dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbasis Culture Literacy Digital Wetland terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MA materi gangguan sistem reproduksi pada manusia, (2) mendeskripsikan hasil belajar afektif peserta didik kelas XI MA materi gangguan sistem reproduksi pada manusia dengan menggunakan model PBL berbasis CLDW, (3) mendeskripsikan hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas XI MA materi gangguan sistem reproduksi pada manusia dengan menggunakan model PBL berbasis CLDW. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini sebanyak 64 orang peserta didik yang dibagi ke dalam 2 kelas yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen di MAN 2 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh penerapan model PBL berbasis CLDW pada materi gangguan sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (2) hasil belajar afektif peserta didik diperoleh berdasarkan hasil observasi termasuk dalam kategori amat baik, (3) hasil belajar psikomotorik peserta didik juga diperoleh berdasarkan hasil observasi dan termasuk dalam kategori amat baik.