Abstract:
Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Setara Coffee Banjarbaru. Industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Meningkatnya jumlah kedai kopi di Banjarbaru menjadi landasan setiap kedai kopi untuk meningkatkan daya saing. Upaya pemasaran yang baik dan tepat perlu dilakukan untuk menarik hati para konsumen. Komunikasi pemasaran diperlukan agar target konsumen mengenal kegunaan, manfaat dan keunggulan atau nilai lebih dari sebuah produk. Untuk itu, diperlukan strategi komunikasi yang tepat agar tercapai maksud dan tujuan pemasaran yang diinginkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Setara Coffee Banjarbaru menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan beberapa tahapan. Peratama, tahap perencanaan meliputi riset dan rencana proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. Kedua, tahap menentukan target/tujuan, baik itu target konsumen maupun target penjualan. Ketiga, tahap menentukan pesan yang sesuai dengan maksud dan tujuan yang telah ditentukan. Keempat, tahap menentukan sarana media yang sesuai dengan target konsumen yang diharapkan. Dalam hal ini, Setara Coffee Banjarbaru menggunakan media Instagram. Sementara kendala dalam proses komunikasi pemasaran yang dirasakan adalah terbatasnya ide-ide serta sulitnya menentukan narasi yang dapat menggambarkan produk. Namun penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi Setara Coffee Banjarbaru yakni membantu proses pemasaran menjadi tepat sasaran dan mencapai tujuan/target yang diinginkan.