Abstract:
ABSTRAKSI
Industri minuman modern ini di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Inovasi dan permintaan pun semakin meningkat. Begitu pun konsumen yang ada di kota Banjarmasin memiliki karakteristik konsumen masa kini. Sprite sebagai salah satu minuman instan yang telah lama terdistribusi di Indonesia telah menjadi salah satu pilihan ketika konsumen sedang berbelanja. Penelitian ini memiliki rumusan masalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh emotional marketing terhadap purchase intention, apakah terdapat pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention, dan apakah terdapat pengaruh brand awareness terhadap purchase intention. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh emotional marketing, celebrity endorser dan brand awareness terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan banyak sampel 104 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh bahwa emotional marketing dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention produk Sprite. Sedangkan celebrity endorser dinyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention produk Sprite. Namun, celebrity endorser dalam hal ini perlu mendapatkan analisis lebih lanjut. Penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi sebesar 62,4%.
Kata kunci: Sprite, Emotional Marketing, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Purchase Intention, Regresi Linier Berganda, Banjarmasin.