Abstract:
M. Fahmi. NIM. 1910122210009. 2023, “Kualitas Teknis Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Yang Digunakna Guru PJOK Sekolah Dasar Di Kabupaten Hulu Sungai Utara”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Utama: Arie Rakhman, S.Pd., M.P.d. Dosen Pembimbing Pendamping: Drs. Perdinanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas materi dan kualitas tampilan bahan ajar yang digunakan oleh guru kepada peserta didik di jenjang Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen lembar observasi pengamatan materi bahan ajar dan instrumen lembar observasi pengamatan tampilan bahan ajar yang kemudian mengisi setiap butir aspek sesuai dengan kisi-kisi instrumen sebagai acuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berjumlah 184 Sekolah Dasar. Sebagai Sampel Penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berakreditasi A Berjumlah 15 Sekolah Dasar Negeri yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Dari data hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan guru PJOK Sekolah Dasar di Kabupaten Hulu Sungai Utara dilihat dari kualitas materi bahan ajar yang berada di kategori “tinggi” dengan jumlah rerata keseluruhan “tinggi” kemudian kualitas tampilan bahan ajar berada di kategori “tinggi” dengan jumlah rerata keseluruhan “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang digunakan oleh 15 guru PJOK hasil dari setiap butir aspek dilihat dari tiga aspek yaitu aspek isi materi, aspek komponen penggunaan kebahasaan dan aspek komponen penyajian materi dari aspek kualitas materi bahan ajar berada di kategori “tinggi” dengan jumlah rerata keseluruhan aspek “tinggi”. kemudian hasil dari setiap butir aspek dilihat dari empat aspek yaitu aspek tampilan, aspek desain isi, aspek kebahasaan dan istilah dan aspek kegrafisan dari kualitas tampilan bahan ajar berada dikategori “tinggi” dengan jumlah rerata keseluruhan aspek “tinggi”.
Kata Kunci: Kualitas, Bahan Ajar PJOK