Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori efisiensi pengelolaan Pasar Paringin di Kabupaten Balangan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Populasi dan jumlah responden penelitian ini berjumlah 50 orang yaitu petugas pasar, pedagang yang menempati pasar Paringin dan konsumen yang menjadi pembeli di pasar.
?Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 indikator yang digunakan sebagai upaya untuk mengetahui kategori efektivitas pengelolaan Pasar Paringin Kabupaten Balangan. Indikator tersebut antara lain, yaitu (1) indikator keberhasilan terdapat pada kategori “Cukup Efektif” dengan perolehan skor rata-rata (mean) 13. (2) indikator sasaran terletak pada kategori “Cukup Efektif” dengan perolehan skor rata-rata 17. (3) indikator kepuasan terletak pada kategori “Cukup Efektif” dengan perolehan skor rata-rata 20. (4) indikator pencapaian tujuan terletak pada kategori “Cukup Efektif” dengan perolehan skor rata-rata 17. Dari keempat indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa kategori efektivitas pengelolaan Pasar Paringin Kabupaten Balangan termasuk dalam kategori “Cukup Efektif” dengan total skor rata-rata yaitu 67, yang termasuk yaitu pada rentang 54-70 “Cukup Efektif”. Sehingga dengan ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dalam penelitian ini, sedangkan pada hipotesis nol (Ho) ditolak.