Abstract:
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Liveworksheet adalah model pembelajaran kelompok dengan menggunakan platform E-LKPD yang pembelajarannya berpusat pada siswa (student center) dan menekankan pada kerja sama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran model pembelajaran STAD berbantuan liveworksheet pada mata pelajaran Ekonomi materi APBN dan APBD kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan liveworksheet pada mata pelajaran Ekonomi materi APBN dan APBD kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. (3) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan liveworksheet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi APBN dan APBD kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Desain penelitian dilakukan dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design, yaitu melakukan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) sedangkan pada kelas kontrol meninjau kembali pelajaran dengan menggunakan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang berjumlah sebanyak 84 siswa. Sampel diambil pada penelitian ini berjumlah 56 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Liveworksheet dan Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan gambaran saat menggunakan model pembelajaran ini adalah siswa menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat, selain itu juga pemanfaatan model STAD ini proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan mengakibatkan pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Hasil uji independent t-test dimana nilai signifikasi atau nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan melihat nilai sig. (2-tailed) yang mana nilainya lebih kecil dari pada 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada mata pelajaran Ekonomi materi APBN dan APBD menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan LiveworkSheet antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selain itu, hasil dari uji paired t-test terdapat pengaruh yang signifikan antara pretest dan posttest hal ini dapat dilihat dari nilai sig < 0,05 yaitu dengan nilai sig 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Hasil Belajar, Liveworksheet, Model Pembelajaran STAD