Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-LKPD berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains dan persepsi peserta didik SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) melalui model ADDIE. Prosedur penelitian ini melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket validasi produk, angket persepsi peserta didik, dan hasil tes belajar peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa E-LKPD berbasis problem based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam memfasilitasi kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli E-LKPD memperoleh persentase sebesar 92?ngan kategori sangat valid. Kemudian dari aspek kepraktisan penggunaan E-LKPD yang dilihat dari angket persepsi siswa memperoleh persentase sebesar 85%, termasuk dalam kategori sangat positif. Adapun untuk nilai efektivitas yang dilihat dari hasil tes belajar peserta didik memperoleh persentase sebesar 77.93?ngan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan tergolong dalam kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains peserta didik SMP.
Kata Kunci: Penelitian pengembangan. E-LKPD, PBL, dan literasi sains.