Abstract:
Utopia, Meiliolibta. 1810415320016. 2023. Nilai Tanda Pada Ecommerce Shopee: Perilaku Konsumsi Mahasiswa FISIP ULM. Dibawah bimbingan Khairussalam.
Era globalisasi yang membuat tingkat perkembangan teknologi meningkat menimbulkan pengaruh terhadap pola konsumsi mahasiswa FISIP ULM dikarenakan kemunculan dari aplikasi e-commerce shopee. Penulisan ini bertujuan untuk mencari tahu nilai tanda yang ada pada e-commerce Shopee sehingga memunculkan perilaku konsumsi pada mahasiswa FISIP ULM. Jenis penulisan ini menggunakan metode penulisan kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dimana akan dirumuskan menggunakan teori masyarakat postmodern, masyarakat konsumsi dan hiperrealitas dari Jean Baudrillard. Waktu penulisan dilakukan selama 3 bulan dengan dilakukannya pengumpulan data dan analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan juga studi
kepustakaan. Adapun teknik analisa data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penulisan ini menunjukan bahwa nilai tanda yang ada pada Shopee sangat mempengaruhi minat belanja mahasiswa. Banyaknya nilai-nilai tanda yang menstimulus untuk berbelanja, seperti: Shopeefood, Shopeepay,
Spaylater, hingga Shopee games yang di dalamnya ada promo-promo menarik membuat pengguna shopee, khususnya Mahasiswa FISIP ULM, semakin tergiur untuk berbelanja sesuai keinginan mereka akibat pengaruh dari nilai tanda dari ecommerce shopee ini. Adapun saran untuk Mahasiswa FISIP ULM adalah jangan tergiur dengan nilai tanda dengan selalu utamakan kebutuhan daripada keinginan,
berhati-hati serta melakukan konfirmasi ulang mengenai barang yang dibeli kepada penjual.
Kata kunci: perilaku konsumsif, nilai tanda, e-commerce shopee