Abstract:
Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh metode pembelajaran yang belum efektif dan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga banyak dari peserta didik SDN 1 Pulau masih mengalamai kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengrmbangan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1 Pulau dengan mengambangkan media pembelajaran berbentuk articulate storyline. Dengan menggunakan teknik analisis kunatitatif deskriptif dengan format skala likert yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk terhadap hasil belajar peserta didik dan menguji kelayakan dari pengembangan media. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran articulate storyline yang telah dikembangkan yaitu sangat layak dengan hasil uji coba kelompok kecil mendapat hasil keseluruhan 87?ngan kriteria sangat praktis, dan hasil uji coba kelompok besar mendapat hasil keseluruhan 90?ngan kriteria sangat praktis, dan hasil uji coba pretest dan posttest mendapakan hasil yang membuat hasil belajar peserta didik meningkat.