Abstract:
Media aplikasi yang bisa menanggulangi kesulitan pembelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan video pembelajaran berbasis powtoon. Penelitian ini bertujuan: mengetahui validitas media video, kepraktisan media video dan keefektifan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis Powtoon pada materi Pencemaran Lingkungan di SMPN 1 Daha Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan di SMPN 1 Daha Selatan pada kelas VII A dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, hasil pretest, dan hasil posttest. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: (1) Hasil validitas ahli materi media pembelajaran animasi yang diperoleh adalah 81?n validitas ahli media sebesar 84,38% atau valid atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil sebagai media penunjang pembelajaran IPA. (2) Hasil penilaian angket respon validator sebesar 74,81?n angket respon peserta didik sebesar 94,07% atau praktis sehingga media sangat menarik untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran IPA. (3) Hasil persentase pretest dan posttest berdasarkan nilai normalized gain (N-gain) sebesar 0,73 masuk dalam kriteria tinggi sehingga media pembelajaran powtoon video dilihat dari tes hasil belajar peserta didik efektif digunakan dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik SMPN 1 Daha Selatan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon dan Pencemaran Lingkungan.