Abstract:
Dwi Catur Pamungkas, 2023. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI NEARPOD DENGAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 ANJIR MUARA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I : Mahmudah Hasanah , M.Pd . Pembimbing II : Dr. Ananda Setiawan, M.Pd ).
Pendidikan di Indonesia saat ini telah menggunakan kurikulum merdeka belajar. Dalam konsepnya kurikulum merdeka bertujuan untuk menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Keberadaan teknologi AI (Artificial Intelligence) membawa kemajuaan dalam aspek pendidikan dan menjadi salah satu pengembangan yang terbarukan salah satunya pada media pembelajaran. Media di bagi ke dalam beberapa jenis dan penggunaannya dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari sebuah pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kevalidan dari media pembelajaran (2) Menganalisis kepraktisan dari media pembelajaran dan(3) Menganalisis keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Ada 4 tahapan dalam model 4D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap deseminasi (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod dengan menggunakan AI berdasarkan ahli validasi media memperoleh rata- rata skor total 4,97 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 99?ngan kategori sangat praktis. Hasil validasi ahli materi memperoleh memperoleh rata- rata skor total 4,79 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 96?ngan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan terbatas, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata- rata skor 4,43 dengan kriteria sangat valid dan persentase memperoleh nilai 88% kriteria sangat praktis. Pada uji coba lapangan operasional, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata- rata 4,34 dengan kriteria sangat valid dan persentase memperoleh nilai 87?ngan kategori praktis. Media pembelajaran berbasis nearpod dengan menggunakan AI juga efektif untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test nilai signifikansi (2-tailed) pada tabel dari eksperimen yaitu 0,000 dan kontrol yaitu 0,000. Dari data tersebut, didapatkan bahwa sig< 0,05. Sehingga hasil pretest postest eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan. Dan hasil uji independent t- test diketahui dari nilai signifikansi (2-tailed) pada tabel 0,000. Dari data tersebut didapatkan bahwa sig (2-tailed) < 0,05, maka sebagaimana dasar pengembilan keputusan uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kedua kelompok. Saran yang bisa disampaikan yaitu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman penggunaan media pembelajaran nearpod dengan menggunakan AI.
Kata Kunci : media pembelajaran, aplikasi nearpod, ekonomi