Abstract:
Abstrak
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas materi bahan ajar yang digunakan oleh guru
dala proses mengajar pada jenjang sekolah dasar dan untuk mengetahui kualitas tampilan bahan ajar
yang digunakan oleh guru dalam proses mengajar pada jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan
instrumen lembar observasi pengamatan untuk menilai bagaimana kualitas materi dan tampilan bahan
ajar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar Dikabupaten
Hulu Sungai Selatan. Sebagai sampel penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu
Sungai Selatan berakreditasi A yang diambil menggunakan teknik porposive sampling. Dari data hasil
penelitian yang telah dianalisa menunjukan bahwa kualitas teknis bahan ajar yang digunakan guru
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Untuk
kualitas materi bahan ajar dikategorikan “tinggi” dan “sesuai”. Sedangkan untuk kualitas tampilan bahan
ajar dikategorikan “tinggi” dan “sesuai” untuk digunakan oleh guru di sekolah dasar yang ada di
Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
kualitas teknis bahan ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang digunakan guru sekolah
dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan berada pada ketegori “tinggi” dan “sesuai”.
Kata kunci: Kualitas Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)