Abstract:
Aliansyah, 2022. Keteladanan Guru PPKn Sebagai Model Pembinaan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Fatimah (II) Rabiatul Adawiah.
Kata Kunci: Peran, Keteladanan, Guru PPKn, Kedisplinan.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru dalam setiap sikap dan perilakunya oleh siswa termasuk dalam hal kedisiplinannya. Untuk menularkan kedisiplinan pada siswanya, guru harus mampu menjadi model panutan yang dapat di contoh sikap dan perilakunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keteladanan guru PPKn dalam upaya membina kedisplinan siswa di SMPN 2 Banjarmasin, (2) bentuk keteladanan guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa di SMPN 2 Banjarmasin, (3) menganalisis faktor pendorong dan penghambat dalam membina kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keteladanan guru PPKn dalam membina kedisplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin, yaitu guru merupakan sosok yang bisa ditiru atau menjadi contoh bagi siswa, selai itu juga guru bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi siswanya, (2) Bentuk keteladanan guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin yaitu, berupa kedisiplinan sikap guru dalam berpakaian rapi, disiplin waktu, santun dalam berbicara dan tegas dalam menegakan peraturan di sekolah tanpa membeda-bedakan latar belakang siswanya, (3) Faktor penghambat dalam membina kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin yaitu kurangnya kesadaran yang dimiliki siswa akan manfaat yang diperoleh dengan disiplin, padahal kesadaran yang ada pada diri masing-masing siswa menjadi bekal utama dalam melaksanakan disiplin.
Dari hasil penelitian di atas, hal yang disarankan peneliti adalah (1) Bagi siswa yang belum disiplin, untuk lebih meningkatkan kedisiplinannya lagi dengan cara belajar mematuhi peraturan yang telah di buat oleh pihak sekolah, (2) Bagi Guru PPKn, untuk meningkatkan kembali empat kompetensi seorang guru khususnya aspek kepribadian,(3) Bagi SMP Negeri 2 Banjarmasin untuk memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah, serta diperlukan adanya upaya yang lebih kuat lagi untuk terus berusaha mendisiplinkan siswa-siswi di SMP Negeri 2 Banjarmasin, sehingga visi-misi sekolah mampu diwujudkan dalam bentuk nyata sebagai sekolah yang berbasis karakter.