Abstract:
Pemerintah telah memberlakukan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sejak tahun 2022. Didalam kurikulum tersebut, materi Virus dan Peranannya merupakan salah satu materi esensial yang diajarkan di kelas X SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan terhadap hasil pengembangan Handout Digital Materi Virus dan Peranannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang dilakukan dalam 4 tahap yaitu, 1) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Develop), dan 4) Penyebaran (Disseminate) namun dibatasi sampai tahap penyebaran Handout Digital ke MAN 1 Banjarmasin dan publikasi pada jurnal ilmiah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan. Subjek penelitian adalah 3 orang ahli terdiri atas 2 orang dosen Pendidikan Biologi, satu orang Guru Mitra dan 12 orang peserta didik Kelas X MIPA MAN 1 Banjarmasin. Hasil uji kesesuaian memperoleh skor 4,21 (sangat sesuai), hasil uji kelayakan memperoleh skor 4,24 (sangat layak), dan hasil uji keterbacaan memperoleh skor 4,33 (sangat baik). Berdasarkan hasil uji dapat disimpulkan bahwa 1) Handout Digital yang dikembangkan sangat sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam IKM, 2) sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran materi Virus dan Peranannya, dan 3) sangat mudah dibaca dan dipahami oleh peserta didik.