Abstract:
ABSTRAK
Veronika Isable Agustina. 1810414320043. 2023. Peran Radio Pada Generasi Milenial Sebagai Media Informasi Di Banjarmasin (Studi Kasus Pada Radio Nirwana 99,2 FM Di Banjarmasin). Dibawah bimbingan Astinana Yuliarti
Dalam perkembangan teknologi informasi pada saat ini radio tetap memiliki eksistensi terhadap pendengar setianya dengan berperan menyampaikan pesan berupa berita, informasi dan hiburan. Generasi milenial hingga saat ini masih memanfaatkan radio sebagai media informasi serta hiburan yang dapat diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Radio Nirwana dapat memerankan perannya sebagai media informasi pada generasi milenial.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data primer dan sekunder, serta sumber lainnya digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan tiga tahapan proses anlisis data. Triangulasi metode yang digunakan dalam keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini Radio Nirwana telah berperan sebagai media informasi pada generasi milenial dalam memberikan informasi, pendidikan, dan hiburan pada setiap program-program siarannya. Informasi yang diberikan kepada generasi milenial adalah informasi mengenai berita terkini mengenai berita lokal hingga mancanegara dan juga informasi hiburan mengenai informasi viral yang sedang diperbincangkan oleh semua media serta lagu-lagu pop terbaru, religi, dan budaya. Program Radio Nirwana yang secara khusus diberikan kepada generasi milenial menjadikan Radio Nirwana sebagai media yang dipilih generasi milenial dalam memperoleh informasi. Program Radio Nirwana secara keseluruhan dapat dinikmati oleh semua kalangan, tetapi secara khusus untuk generasi milenial yaitu program Pulsa Nirwana, Musik Asik Nirwana, Dandaman Banua, dan Badadapatan. Dengan ditemani informasi yang dapat menyesuaiakan akan kebutuhan informasi generasi milenial serta ditemani lagu-lagu terbaru.
Kata Kunci: Peran Radio, Generasi Milenial, Media Informasi