Abstract:
Pada proses pembelajaran, peserta didik terkadang kesulitan dalam memahami materi dan juga soal-soal yang diberikan. Hal ini dapat diamati ketika peserta didik diberikan soal-soal yang levelnya lebih sulit dan jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat menunjang peserta didik agar peserta didik dapat memahami materi pelajaran lebih mendalam adalah modul ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis etnomatematika pada materi bangun datar siswa kelas IV SD yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Tahap yang dilakukan pada penelitian ini adalah tahap Define, Design, dan Develop sampai pada tahap validasi. Kriteria kevalidan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil dari validasi ahli oleh tiga orang validator menggunakan lembar validasi. Hasil uji validitas modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini memperoleh nilai rata-rata, yaitu 86,08?n dengan kriteria “Sangat Valid”.