Abstract:
ABSTRAK
Salah satu bahan pembelajaran yang tersusun berdasarkan abjad sehingga mudah digunakan ialah buku ensiklopedia. Pengembangan ensiklopedia dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan ensiklopedia famili euphorbiaceae. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; 3) small group evaluation; Subjek validasi meliputi 3 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi, subjek uji perorangan adalah 4 orang mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah phanerogamae, dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah phanerogamae. Data diperoleh dari instrumen penelitian validitas, kepraktisan isi dan harapan, dan keefektifan harapan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Validitas ensiklopedia kategori valid berdasarkan isi, kebahasaan, dan desain; 2) kepraktisan ensiklopedia kategori sangat baik berdasarkan daya tarik dan mudah digunakan oleh mahasiswa; 3) Keefektifan harapan kategori sangat baik berdasarkan 6 aspek keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Ensiklopedia Famili Euphorbiaceae Kebun Raya Banua dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: pengembangan, ensiklopedia, euphorbiaceae, keterampilan berpikir kritis