Abstract:
Perkembangan teknologi informasi yangsangat pesat untukmendukungberbagai
kegiatan bisnis di era digital, mendorong upaya pembaharuan dalam penggunaan hasil
teknologi dalam proses pemasaran. Penggunaan video promosi di era digital harus sejalan
dengan perkembangan teknologi video promosi merupakan salah satu solusi
meningkatkan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video
promosi UMKM, mengetahui kelayakkan pengembangan video promosi UMKM untuk
mendukung pemasaran di era digital danmengetahui peningkatan pemasaran di era digital.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model 4D
Four-D. Tahapan pengembangan ada empat yaitu define, design, development dan
dissaminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dokumentasi dan angket validasi ahli, serta angket respon UMKM. Hasil
penilaian validasi oleh validator ahliinstrument dengan presentse 100%termasukkategori
“sangat layak”, ahli media dengan presentase 95,23% temasuk kategori “sangat layak”
dan ahli naskah dan bahasa dengan preentase 90% termasuk kategori “sangat layak”. Uji
coba yang dilakukan kepada pihak UMKM menunjukkan bahwa skor keseluruhan
responden berjumlah 10 orang dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji peningkatan
pemasaran dengannilai 0,8% dikategorikan “tinggi”. Dari hasil penelitianpengembangan
menunjukkan bahwavideo promosi sangat layak digunakan untuk mendukung pemasaran
dan mampu meningkatan pemasaran di era digital. UMKM dapat memanfaatkan video
promosi sebagai media pemasaran untuk mendukung pemasaran di era digital.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Promosi, Pemasaran