Abstract:
ABSTRAK
Pendidikan abad 21 menuntut peserta didik dan guru untuk menguasai informasi, media, teknologi untuk memiliki kompetensi 6C. Bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan pendidikan abad 21 salah satunya ialah E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan isi dan kepraktisan harapan terhadap hasil Pengembangan E-LKPD pada Konsep Sistem Respirasi Manusia SMA Kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Rayanto & Sugianti, 2020) yang dibatasi sampai tahap evaluasi formatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validitas dan kepraktisan. Subjek penelitian adalah 3 orang ahli dan 36 peserta didik XI MIPA 3 SMAN 4 Banjarmasin. Hasil pengujian validitas pengembangan E-LKPD pada Konsep Sistem Respirasi Manusia SMA Kelas XI menunjukkan sangat valid (4,39) yang berarti E-LKPD sangat valid digunakan sebagai bahan ajar, khususnya Konsep Sistem Respirasi Manusia. Kepraktisan oleh peserta didik uji kelompok kecil 6 orang sangat praktis (4,36) untuk isi dan oleh peserta didik uji lapangan 30 orang sangat praktis (4,09) untuk harapan, yang berarti E-LKPD mudah digunakan oleh peserta didik.
Kata Kunci: Bahan ajar, E-LKPD, Sistem Respirasi Manusia