Abstract:
Kemandirian belajar sangatlah penting bagi setiap peserta didik, terutama pada
pembelajaran daring pada saat Pandemic Covid-19 ini. penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan kemandirian mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 dalam
penggunaan zoom meeting sebagai media pembelajaran perkuliahan daring selama
masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data
menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa Penggunaan zoom meeting sebagai media pembelajaran selama
masa pandemi dapat dikatakan baik dan cukup efektif karena membantu proses
perkuliahan tetap dapat dilaksanakan tanpa harus pergi ke kampus sehingga dapat
membantu pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi pengguaan
zoom meeting ini masih kurang efisien karena terdapat berbagai kendala yang
mengganggu dalam proses pembelajarannya sehingga capaian yang diharapkan belum
tercapai dengan maksimal. Kemandirian belajar mahasiswa pada saat pembelajaran
daring pun masih tergolong kurang. Hal ini dapat dilihat dari inisiatif belajar dan
kepercayaan diri mahasiswa yang masih kurang walaupun untuk tanggung jawab dan
disiplin dalam memenuhi tugas yang diberikan sudah cukup baik.