Abstract:
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas materi bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam ?proses mengajar pada jenjang sekolah dasar dan untuk mengetahui kualitas tampilan bahan ajar yang ?digunakan oleh guru dalam proses mengajar pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan ?jenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ?survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen lembar observasi pengamatan ?untuk menilai bagaimana kualitas materi dan tampilan bahan ajar di Kabupaten Banjar. Populasi pada ?penelitian ini adalah Sekolah Dasar Banjar. Sebagai sampel penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri ?di Kabupaten Banjar berakreditasi A yang diambil menggunakan teknik porposive sampling. Dari data ?hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukan bahwa kualitas teknis bahan ajar yang dikembangkan ?guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar. Untuk kualitas ?materi bahan ajar dikategorikan “tinggi” dan “sesuai”. Sedangkan untuk kualitas tampilan bahan ajar ?dikategorikan “tinggi” dan “sesuai” untuk digunakan oleh guru di sekolah dasar yang ada di Kabupaten ?Banjar. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas teknis bahan ajar ?Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang dikembangkan guru sekolah dasar di Kabupaten ?Banjar berada pada ketegori “tinggi” dan “sesuai”.?