Abstract:
Masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di desa Anjir Serapat Muara, lingkungan masyarakatnya memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, minum dan mencuci serta untuk jalur transportasi pertanian. Aktivitas masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang menarik bagi peserta didik. Isu tentang sumber belajar IPS yang masih dibicarakan adalah kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Sumber belajar IPS yang dimanfaatkan guru selama ini hanya fokus dikembangkan pada aspek kognitif. Gejala ini berdampak pada pandangan peserta didik dan masyarakat terhadap pembelajaran IPS, bahwa pembelajaran IPS hanya menghafal atau menulis fakta dan konsep. Penelitian ini menjelaskan tentang integrasi aktivitas masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian: 1) Aktivitas Masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga sebagai jalur transportasi pertanian bisa diintegrasikan kedalam sumber belajar IPS. Berdasarkan penelitian yang dilakukan masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sebagai jalur transportasi pertanian bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS yakni dengan materi manusia, tempat dan lingkungan sangat relevan dengan materi IPS kelas VII bertujuan agar bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran IPS.
Kata Kunci: Aktivitas, Sungai, Sumber Belajar IPS