Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Persepsi Guru IPA di SMP Global Islamic Boarding School tentang implementasi dalam mendukung kurikulum merdeka belajar (2) Untuk mengetahui Persepsi Guru IPA di SMP Global Islamic Boarding School dalam meningkatkan kualitas praktik mengajar guru dengan menggunakan TMF (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru di SMP Global Islamic Boarding School dalam menerapkan TMF. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan coding, triangulasi sumber dan triagulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan implementasi peran aspek TMF yang dimiliki SMP GIBS mampu meningkatkan kompetensi guru dalam mendukung kurikulum merdeka belajar. TMF yang dominan yaitu PCK sebagai kombinasi konten dan pedagogik yang dikombinasikan guru dalam menyampaikan materi, dan HOTS yaitu mengukur dalam pembuatan soal dengan taksonomi bloom sehingga siswa yang kurang dalam pemahaman mampu mengerjakan serta yang cepat dalam pemahaman merasa tertantang. Meningkatkan praktik guru dalam mengajar dengan TMF yaitu kebebasan dalam mengajar sehingga mampu memvariasikan metode dan model dalam penyampaian materi kepada siswa. Kendala yang dihadapi yaitu siswa yang berasrama sulit dalam menjangkau di luar sekolah sehingga guru menyiapkan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran. Siswa yang tidak sama dalam pemahaman sehingga guru harus mampu mengelola kelas dengan baik.
Kata Kunci: TMF, SMP Global Islamic Boarding School, Persepsi, Guru