Abstract:
Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan irisan antara Content Knowledge dan Pedagogical Knowledge yaitu pengetahuan tentang materi yang diajarkan dan cara mengajarkannya. Kemampuan guru dalam memahami materi dan mengelola pembelajaran sangat menentukan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada guru IPA di SMP Global Islamic Boarding School (GIBS) materi klasifikasi makhluk hidup. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru IPA SMP GIBS dengan objek penelitian yaitu PCK materi klasifikasi makhluk hidup. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasiHasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPA dapat mengimbangi antara dua kompetensi yaitu pengetahuan materi klasifikasi makhluk hidup dan cara mengajarkannya menggunakan 7 aspek Pedagogical Content Knowledge (PCK) yaitu Content Knowledge, Knowledge of Specific Context, Knowledge of Learners and Learning, Pedagogical Knowledge, Curriculum Knowledge, Knowledge of General Education Context, Assesment Procedures, Evaluation of Outcomes – Educational Ends, Goals, Purposes and Values.
Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge, Klasifikasi Makhluk Hidup, Guru IPA.